Cara merawat baterai laptop termasuk salah satu topik yang paling sering dicari di internet baik oleh pengguna pemula ataupun yang sudah sering berhubungan dengan perangkat komputer. Bukan karena hal lain, sebab baterai merupakan komponen terpenting dan jika rusak tidak hanya akan membuat laptop mustahil dioperasikan, tetapi juga menyebabkan konsekuensi materi yang tidak sedikit. Untuk itu, teknocanggih.com akan mengulas beberapa cara merawat baterai laptop agar awet dan tahan selama mungkin.

Salah satu komponen laptop yang berpengaruh besar bagi proses output dan input yang dilakukan oleh perangkat laptop yaitu baterai.  Meskipun tanpa baterai pun laptop masih bisa menyala, namun hal itu tentunya tidak efektif terhadap penggunaan laptop. Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya jika Sobat dapat memahami bagaimana cara merawat baterai laptop agar awet dan tahan lama. Berikut tips yang bisa Sobat terapkan.

1. Hindari Melakukan Pengisian Daya Jika Tidak Diperlukan

Ketika Sobat sedang melakukan pengisian daya baterai pada laptop, pastikan Sobat mencabut charger baterai jika daya baterai sudah mencapai 100%. Jangan sampai karena kelalaian ini malah membuat baterai laptop Sobat menjadi bocor.  Pastikan juga tidak mengisi daya listrik baterai laptop ketika laptop sedang tidak digunakan, hal ini dapat membuat komponen-komponen yang ada di dalam baterai menjadi rusah karena terus-menerus dialiri aliran listrik.

Baca juga:  Begini Cara Menyembunyikan Aplikasi di Hp Vivo (100% Work)

2. Jangan Membiarkan Daya Baterai Laptop Di Bawah 20%

Dalam kondisi apapun, pastikan jika Sobat mengisi daya baterai jika sudah mencapai 20%. Jangan sampai karena sedang asik menonton atau bermain game, Sobat lupa untuk mencharge laptop hingga akhirnya laptop mati total. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen-komponen dalam baterai laptop.

3. Gunakan Laptop Sesuai Dengan Kebutuhan

Penggunaan laptop yang berlebihan dapat membuat baterai cepat panas. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi laptop Sobat. Pemilihan spesifikasi laptop yang sesuai dengan kebutuhan akan lebih menunjang keawetan dari baterai laptop. Misalnya untuk kebutuhan grafis, editing atau game, diperlukan spesifikasi laptop yang sesuai dengan aktivitas tersebut.

4. Selalu Gunakan Charger Original

Memang harga dari charger original cukup mahal dibandingkan harga charger KW. Namun, dengan menggunakan charger original, arus listrik yang masuk ke dalam baterai lebih stabil dan tidak terjadi lonjakan arus yang besar yang nantinya akan merusak komponen dalam baterai laptop Sobat.

5. Menggunakan Mode Power Saver

Cara merawat baterai laptop berikut adalah dengan menggunakan mode power saver untuk mode penggunaan baterai laptop Sobat.  Mode ini akan lebih memperpanjang umur pakai baterai, sehingga Sobat tidak perlu memasukkan charger baterai secara berkala.  Selain itu, dengan menggunakan mode power saver, daya baterai akan semakin hemat ketika digunakan untuk beraktivitas.

Baca juga:  Tutorial Membuat Foto 360 Derajat Menggunakan Kamera Android

6. Tutup Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Biasanya laptop menjadi cepat panas akibat dari penggunaan aplikasi yang berat dan tidak diperlukan.  Alangkah baiknya jika Sobat melihat kembali aplikasi yang Sobat jalankan itu diperlukan atau tidak.  Ketika sudah selesai mengetik, lebih baik langsung menutup aplikasi tersebut, atau jika Sobat sedang browsing, Sobat bisa menutup aplikasi lain yang tidak diperlukan.  Selain dapat merusak baterai, penggunaan aplikasi yang berlebihan juga dapat merusak hardware laptop Sobat. Cara merawat baterai laptop ini termasuk yang paling sulit dilakukan.

7. Perhatikan Suhu Penggunaan Laptop

Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja baterai laptop Sobat adalah suhu.  Dengan semakin panas suhu yang ada di lingkungan tempat bekerja dapat menguras daya baterai laptop Sobat.  Oleh karena itu, pastikan jika suhu lingkungan Sobat tidak terlalu panas maupun tidak terlalu dingin, sehingga kinerja laptop dapat berjalan dengan optimal tanpa mengalami kehilangan kemampuan menyimpan daya.

Jadi, itulah beberapa cara merawat baterai laptop agar awet dan panjang umur.  Cukup sederhana dan simple bukan? Semoga informasi ini bisa membantu Sobat untuk menjaga dan merawat laptop kesayangan Sobat semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here