Tutorial Light Painting Menggunakan Smartphone Android

Tutorial Light Painting – smartphone yang beredar saat ini memiliki kamera yang kecanggihannya hampir menyerupai kamera DSLR atau Mirrorless. Meskipun tidak sampai langsung mengunggulinya, namun smartphone ini memiliki fitur yang membuatnya menghasilkan foto yang cantik atau indah layaknya profesional fotografer.

Fitur yang membuat smartphone seperti kamera canggih tersebut adalah kamera smartphone yang dapat diatur atau disetting secara manual. Pengaturan manual dari kamera smartphone tersebut dapat menghasilkan gambar seperti light painting atau lukisan cahaya.

Nah berikut ini ada tutorial light painting menggunakan smartphone yang bisa Sobat ikuti.

Tutorial Light Painting

Yang Dibutuhkan

Untuk mengambil gambar light painting, Sobat membutuhkan smartphone yang memiliki kamera dengan fitur manual. Jadi sebenarnya Sobat tidak membutuhkan aplikasi pihak ketiga lainnya.

Namun untuk kenyamanan dan juga hasil yang lebih baik, Sobat bisa mengunduh beberapa aplikasi yang memungkinkan Sobat untuk mengatur kamera smartphone Sobat secara manual. Salah satunya adalah Camera FV-5 dan juga beberapa aplikasi lainnya.

Selanjutnya sebelum melanjutkan tutorialnya, Sobat juga harus memahami bagaimana cara mengatur ISO atau Shutter Speed dari kamera smartphone Sobat. Untuk beberapa aplikasi pihak ketiga dapat diatur secara mudah seperti pada Musemage yang hanya perlu menggeser saja.

Selanjutnya, karena pengambilan gambar akan membutuhkan waktu yang lama dan kamera harus sangat stabli, maka sebaiknya Sobat juga menyiapkan sebuah tripod kemudian Sobat bisa melanjutkan tutorial ini.

Baca juga:  Cara Mengirim Gambar Dengan Resolusi Tinggi di WhatsApp

Cara Cek Smartphone Berkamera Manual

Sebelum memulai tutorial ini, ada baiknya jika Sobat mengecek dulu kamera Sobat apakah sudah mendukung setting kamera manual. Caranya adalah dengan menginstal aplikasi Camera FV-5 tersebut kemudian cobalah untuk mengatur shutter speednya. Apabila dapat diperpanjang, artinya smartphone Sobat dapat digunakan dalam tutorial ini.

Langkah-Langkah

Cara untuk mengambil foto dengan light painting adalah sebagai berikut:

  1. Atur ISO pada tingkatan yang rendah. Hal ini ditujukan agar foto tidak ditemukan adanya nois. Disarankan ISO berada di kisaran 50 hingga 100. Untuk aplikasi Camera FV-5, lokasi pengaturan ISO ada di bagian bawah.
  2. Pilih lokasi yang cukup cahayanya, tidak gelap total. Apabila ada model manusia, penggunaan flash juga direkomendasikan.
  3. Atur shutter speed atau kecepatan rana pada waktu 10-30 detik. Hal ini disesuaikan dengan kondisi cahaya lokasi foto sehingga Sobat bisa mencoba beberapa kali disini. Untuk aplikasi Camera FV-5, pengaturan shutter speed ada di sebelah kiri. Sobat dapat memilih opsi tambahan berupa menu titik tiga dan mengetik angka 10 hingga 30 detik.
  4. Untuk menulis didepan kamera, Sobat bisa memanfaatkan senter, smartphone lainnya atau sumber cahaya lain. Apabila berwarna akan lebih baik karena hasilnya lebih variatif.
  5. Latih dulu apa yang akan Sobat bentuk didepan kamera, baik berupa bentuk tertentu hingga kata-kata tertentu
  6. Siapkan kamera diatas tripod, kemudian lakukan pemotretan dengan menekan tombol shutter sesuai dengan settingan diatas dan bahkan boleh lebih rendah sesuai dengan keadaan foto Sobat
  7. Lakukan tulisan tersebut hanya dengan tangan yang bergerak saja sedangkan model atau objek foto Sobat yang mungkin merupakan manusia tetap menjaga posisinya dalam posisi diam.
  8. Lakukan sekreatif mungkin dan bisa dilakukan dengan cara diatas atau dengan modifikasi seperti menggunakan aksesoris bluetooth untuk menekan shutter untuk mengihndari kamera yang goyang
  9. Tunggu hingga kamera telah selesai mengambil gambar. Apabila gambar masih terlalu gelap, Sobat dapat mengulangi langkahnya dengan menggunakan shutter speed yang lebih panjang semisal 25 detik
  10. Selamat mencoba, jangan pantang menyerah apabila Sobat gagal beberapa kali.
Baca juga:  Cara Mudah Menambah Tema Screenshot HP Android

Nah itulah beberapa langkah tutorial light painting menggunakan smartphone android yang bisa Sobat ikuti.

Karena memang untuk teknik yang satu ini bisa diblang sulit, bahkan untuk mereka yang sudah memiliki kamera DSLR pun teknik yang satu ini juga dibilang sulit dan juga perlu kesabaran untuk mengambil fotonya.

Bagaimana? Apakah tertarik untuk mencoba teknik fotografi ini hanya dengan bermodal smartphone Sobat? Yuk segera siapkan peralatan dan juga jangan lupa siapkan modelnya.