Salah satu jasa pengiriman barang paling populer di Indonesia saat ini adalah JNE. Selain cepat, JNE juga sudah memiliki popularitas yang cukup bagus di mata masyarakat. Itulah kenapa banyak orang mempercayakan JNE sebagai jasa pengiriman barang mereka. Salah satu contohnya adalah toko-toko online yang menggunakan jasa JNE untuk mengirimkan produk mereka ke konsumen. Agar pelanggan bisa melacak posisi barang yang dikirimkan, maka diberikan nomor resi. Sekarang mengecek resi bisa dilakukan lewat HP. Jadi, Sobat harus tahu cara cek resi JNE via HP. Berikut teknocanggih.com akan ulas bagaimana cara cek resi JNE via HP dengan mudah.

Manfaat Cek Resi JNE

Kenapa Sobat perlu mengecek resi JNE? Cek tracking nomor ini sangat penting untuk melacak sudah sampai mana posisi atau lokasi barang yang dikirim. Resi ini bisa digunakan oleh pengirim maupun yang orang dikirimi. Jadi, resi ini akan menambah kepercayaan dari kedua belah pihak yang bersangkutan. Ketika resi berhasil dilacak, maka informasi detail mengenai barang yang dikirim bisa dilihat dengan jelas.

Cara Cek Resi JNE Via HP menggunakan Aplikasi

Salah satu cara untuk cek nomor resi JNE via HP adalah dengan menggunakan aplikasi khusus. Di Play Store, ada banyak sekali aplikasi yang bisa membantuk melakukan tracking resi JNE. Salah satunya adalah My JNE. Untuk lebih jelasnya, silahkan Sobat ikuti langkah-langkah berikut ini:

Baca juga:  Cara Menambahkan TouchBar di Smartphone Android

1. Download Aplikasi

JNE sebagai pihak ekspedisi menyediakan aplikasi khusus untuk melacak resi pengiriman barang yang dilakukan melalui JNE. Jadi, pertama-tama Sobat harus mendownload aplikasi tersebut. Yang perlu Sobat lakukan adalah membuka Google Play Store dan kemudian cari aplikasi yang sesuai. Coba ketik saja “My JNE”. Jika sudah ketemu, silahkan download dan kemudian aplikasi tersebut akan terinstal secara otomatis.

2. Jalankan & Masukkan Nomor Resi

Jika aplikasi sudah terinstal, Sobat bisa langsung menjalankan aplikasi tersebut. Setelah aplikasi terbuka, maka Sobat akan segera diminta memasukkan nomor resi JNE. Pastikan nomor resi JNE yang dimasukkan benar sehingga bisa terlacak. Jika sudah, tekan saja OK atau tombol sejenisnya. Hasil pencarian pun akan segera muncul di layar HP Sobat.

Cara Cek Resi JNE Via HP Melalui Website

Cek resi JNE via HP tidak hanya bisa dilakukan dengan aplikasi namun juga bisa dilakukan melalui situs atau website. Untuk mengecek resi melalui website, Sobat harus tahu alamat website yang digunakan. Sobat bisa mengunjungi website resmi JNE yaitu www.jne.co.id untuk melakukan tracking nomor resi. Namun, saat ini terdapat pula website atau situs lain yang juga menyediakan layanan serupa, bahkan situs tersebut bisa digunakan untuk melacak resi semua jenis ekspedisi pengiriman barang. Untuk lebih jelasnya, perhatikan langkah-langkah berikut:

Baca juga:  Tutorial Membuat Kamera Smartphone Menjadi Kamera Pintar

1. Kunjungi Website

Langkah pertama cara cek resi JNE lewat HP adalah dengan mengunjungi website yang tersedia. Sobat bisa mengunjungi website resmi JNE ataupun website lain yang menyediakan jasa cek resi untuk JNE. Agar lebih mudah, kita ambil contoh saja www.jne.co.id

2. Masukkan No Resi

Setelah masuk ke situs tersebut, Sobat akan diminta memasukkan nomor resi JNE yang ingin dicek. Segera saja masukkan nomor resi tersebut di kolom yang sudah tersedia. Meski websitenya berbeda-beda, namun tampilan dan caranya biasanya sama atau setidaknya mirip. Jadi, Sobat tak perlu bingung, Jika sudah dimasukkan, silahkan tekan OK atau tombol sejenis yang menawarkan fungsi serupa. Kemudian, Sobat akan bisa melihat informasi detail mengenai barang yang dikirim termasuk posisi dan waktunya.

Masalah yang Sering Terjadi Saat Cek Resi JNE

Saat mengecek nomor resi, kadang terjadi kegagalan sehingga informasi yang diinginkan tidak bisa ditampilkan. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor:

1. Salah Memasukkan No Resi

Ini adalah salah satu faktor yang paling sering terjadi. Jika Sobat salah dalam memasukkan nomor resi, maka sudah pasti pengecekan akan gagal. Biasanya, akan ada keterangan “resi tidak ditemukan”.

2. Beda Ekspedisi

Masalah lain, bisa jadi Sobat menggunakan ekspedisi selain JNE. Pasalnya, ada banyak sekali ekspedisi pengiriman barang saat ini. Jika itu terjadi, maka resi juga tidak akan berhasil dicek. Namun, ada beberapa situs yang bisa otomatis mendeteksi ekspedisi pengiriman saat pengecekan resi sehingga proses akan tetap berhasil.

Baca juga:  Cara BBM di Laptop Saat Smartphone Tertinggal atau Hilang

3. No Resi Belum Diinput

Saat barang dikirim, pengirim akan langsung mengetahui nomor resinya. Namun, biasanya nomor resi akan diinput oleh pihak ekspedisi yang dalam hal ini adalah JNE beberapa jam setelahnya. Jadi, jika Sobat langsung mengecek resi JNE sesaat setelah barang diserahkan ke pihak JNE, maka kemungkinan besar resi belum bisa dicek.

Cara cek resi JNE via HP memang simple. Untuk cara kedua melalui website, bisa dilakukan baik menggunakan HP maupun komputer atau laptop. Semoga panduan dan tips ini bermanfaat untuk Sobat teknocanggih semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here