Bagi pengguna listrik pasca bayar, mengetahui cara cek tagihan listrik online lewat HP merupakan hal yang penting. Ya, hal ini cukup beralasan karena salah satu masalah yang sering terjadi adalah pengguna lupa membayar tagihan listrik bulanan tersebut. Pernahkah Sobat mengalaminya?

Meskipun sudah tersedia listrik pra bayar, namun pengguna listrik pasca bayar masih banyak di masyarakat. Nah, dengan semakin canggihnya teknologi, kini Sobat bisa mengecek tagihan listrik pasca bayar tersebut menggunakan HP yang setiap hari Sobat operasikan.

Tentu, cara cek tagihan listrik online lewat HP ini sangat menarik dan membantu. Dengan cara ini, Sobat bisa mengetahui detail tagihan dengan cermat dan akan terhindar dari masalah keterlambatan. Lantas, bagaimana cara guna mengecek tagihan listrik tersebut?

Ada beberapa cara yang bisa Sobat gunakan untuk mengetahui detail tagihan listrik. Penasaran? Simak beberapa ulasan dari teknocanggih.com di bawah ini. Selamat membaca.

Cek Menggunakan Aplikasi

Jika Sobat merupakan pengguna smartphone, maka kini Sobat bisa melakukan pengecekan tagihan listrik pasca bayar menggunakan aplikasi. Ini adalah salah satu cara yang paling mudah dan modern yang bisa dilakukan. Guna menggunakan cara ini, ada beberapa list yang harus diperhatikan.

Cara pengecekan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Download aplikasi cek tagihan listrik PLN bulanan yang ada di Google Play. Aplikasi ini gratis dan bebas digunakan untuk beragam OS
  2. Setelah itu, instal aplikasi seperti biasa dan buka jika sudah terinstal dengan benar dan baik
  3. Pada halaman utama, masukkan nomor ID pelanggan dan pastikan Sobat memasukkan angka yang benar
  4. Jika sudah, klik cek tagihan. Tunggu sebentar
  5. Setelah beberapa saat, Sobat akan mendapatkan beragam informasi yang cukup lengkap mengenai ID pelanggan, nama pelanggan, bulan iuran, detail tagihan dan lainnya
Baca juga:  Cara Melacak No HP Lewat Google Maps dengan Cepat

Cara ini tergolong sangat simple dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Jika detail tagihan sudah didapatkan, maka Sobat bisa melakukan pembayaran di ATM, bank ataupun penyedia jasa pembayaran lainnya.

Menggunakan SMS

Cara lain yang bisa digunakan untuk melakukan pengecekan tagihan listrik pasca bayar per bulan adalah dengan menggunakan SMS. Ini merupakan cara yang juga cukup mudah untuk dilakukan dengan menggunakan HP. Tidak perlu menggunakan smartphone, cara ini bisa dilakukan dengan HP biasa.

Lantas, bagaimana cara untuk melakukan pengecekan tagihan listrik dengan menggunakan SMS ini? Adapun beberapa cara yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Buka menu SMS pada HP yang Sobat miliki.
  2. Setelah itu, ketik SMS dengan format REK (spasi) nomor ID pelanggan. Pastikan Sobat menuliskan nomor ID pelanggan yang benar agar proses selanjutnya tidak salah.
  3. Nah, jika sudah, kirimkan SMS tersebut ke nomor 8123. Layanan ini gratis alias tidak dipungut biaya sama sekali.
  4. Tunggu beberapa saat dan nantinya PLN akan mengirimkan balasan pada Sobat. Dalam balasan tersebut, Sobat akan mendapatkan informasi mengenai detail ID pelanggan beserta tagihan listrik dan tanggal terakhir pembayaran.

Cara dengan SMS ini juga cukup efektif. Sobat bisa mengetahui tagihan listrik rumah tanpa ribet dengan cepat.

Menggunakan Telepon

Untuk melakukan pengecekan tagihan listrik bulanan, Sobat juga bisa menggunakan telepon. Ini adalah salah satu cara yang cukup mudah guna dilakukan. Dengan cara ini, maka Sobat bisa mengetahui tagihan listrik yang harus dibayar secara langsung.

Baca juga:  Begini Cara Menghapus Kontak WA di Android dan iPhone!

Untuk menggunakan cara ini, ikuti beberapa langkah di bawah ini:

  1. Buka HP Sobat dan klik dial untuk telepon.
  2. Ketik kode area dan nomor telepon 123 pada papan dial. Kode area bisa dicari melalui internet. Sebagai contoh, untuk Jakarta, maka menggunakan kode area 021, menjadi 021-123. Untuk Yogyakarta menggunakan kode 0274, sehingga menjadi 0274-123.
  3. Hubungi nomor telepon tersebut dan Sobat akan mendapatkan bimbingan dari customer service yang bertugas.

Layanan ini sangat mudah digunakan dan tersedia selama 24 jam. Hanya saja, Sobat akan dikenakan tarif telepon normal saat menggunakan layanan ini.

Tips Menghemat Tagihan Listrik

Masalah waktu tagihan sudah bisa diatasi dengan beberapa cara cek tagihan listrik online lewat HP sebagaimana di atas. Namun, masalah lain yang juga sering mengganggu adalah biaya tagihan yang membengkak. Tagihan listrik yang terlalu mahal tentu bisa menyebabkan masalah rumah tangga.

Oleh karena itu, penting bagi Sobat untuk mengetahui bagaimana cara untuk menghemat penggunaan listrik. Dengan penggunaan yang lebih hemat, tentu pengeluaran yang digunakan untuk membayar listrik bisa dikurangi.

Lantas, bagaimana cara mengurangi penggunaan listrik agar tagihan per bulan menjadi lebih hemat? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Kurangi penggunaan listrik secara umum

Hal paling pertama yang harus Sobat lakukan saat ingin menghemat pengeluaran listrik per bulan adalah mengurangi penggunaan listrik secara umum. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mematikan lampu jika tidak digunakan.

Baca juga:  Cara Download Video Di YouTube Lewat HP Paling Mudah Tanpa Ribet

Meskipun daya lampu tidak terlalu besar, namun lampu yang terus menyala juga menyumbang tegangan yang cukup besar. Oleh karena itu, matikan lampu saat siang hari dan saat tidur.

Gunakan lampu LED

Selain mengatur waktu menyalakan lampu, memilih jenis lampu juga bisa menjadi cara yang tepat untuk menghemat pemakaian daya. Salah satu jenis lampu yang menggunakan daya lebih hemat adalah lampu LED. Sobat bisa menggunakan lampu LED dalam rumah untuk strategi penghematan.

Hindari penggunaan AC

AC memang penting untuk menyediakan udara yang lebih sejuk. Hanya saja, daya AC tergolong besar. Untuk menghemat tagihan listrik, Sobat sebaiknya menghindari penggunaan AC dan memilih kipas angin.

Nah, demikian beberapa ulasan mengenai cara cek tagihan listrik online lewat HP. Tentu, dengan tips cek tagihan listrik online lewat HP di atas, tagihan listrik per bulan Sobat tidak akan terlewat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here