Cara Cepat Menyembunyikan Foto Dan Video Di HP Android

Cara Menyembunyikan Foto Dan Video Di HP – Menggunakan HP saat ini menjadi sebuah kebiasaan yang pada akhirnya berubah menjadi sebuah kebutuhan masyarakat. HP saat ini memiliki peranan yang cukup penting dalam kehidupan sehari-hari. Banyak orang saat ini tidak bisa lepas dari HP, Hp menjadi perangkat yang selalu dibawa kemanapun dan kapanpun seseorang itu berada. Hp tak jarang juga digunakan untuk menyimpan berbagai file seperti koleksi foto dan video yang sifatnya rahasia. Namun terkadang kita merasa khatir jika ada orang lain melihat koleksi foto atau video yang tersimpan dalam HP kita.

Mungkin banyak diantara kita yang bertanya-tanya bagaimana cara menyembunyikan foto dan video di HP android agar tidak dapat terlihat ataupun tidak dapat diakses oleh orang lain?

Sebenarnya saat ini sudah banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjawab pertanyaan tersebut. saat ini telah banyak dikembangkan invonasi aplikasi untuk menjaga keamanan file foto atau video di HP anda. Jika anda tidak terlalu menyukai menggunakan aplikasi tertentu untuk menyembunyikan foto dan video yang tersimpan di HP android anda dapat melakukannya secara manual atau tanpa menggunakan aplikasi.

Pada artikel ini akan dipaparkan cara menyembunyikan koleksi foto dan video di HP android tanpa menggunakan aplikasi (manual).

Cara Menyembunyikan Foto dan Video Di HP Android Tanpa Aplikasi (Manual)

Anda dapat menyembunyikan koleksi foto dan video di HP android secara manual atau tanpa menggunakan aplikasi, namun anda perlu sedikit bersabar dan lebih teliti sehingga koleksi foto dan video anda tidak terlihat di gallery hp.

Baca juga:  Cara Membuat Hotspot di Laptop Windows 7, 8 dan 10

Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan :

Membuat folder tersembunyi

Anda dapat perlu membuat folder tersembunyi, dimana anda dapat memberikan nama folder tersebut sesuai dengan keinginan namun anda perlu memberikan tanda titik di depan nama folder tersebut. contohnya “.folderrahasia”.  Anda dapat membuat folder ini melalui file manager atau aplikasi explorer, dengan cara seperti itu sistem android pada hp tidak akan membaca folder tersebut. folder ini hanya dapat dibaca dengan aplikasi tertentu. Jika anda ingin membuka folder ini, anda tinggal masuk ke menu file manager lalu klik perlihatkan folder tersembunyi.

Membuat file no media

Cara ini dilakukan agar file yang disembunyikan tidak terbaca oleh aplikasi jadi tidak dapat muncul di gallery. Langkah yang perlu dilakukan yaitu anda buka file manager > carilah folder dimana foto dan video anda tersimpan > buat file baru di dalam folder tempat anda menyimpan foto dan video tersebut > berilah nama “.nomedia” pada file tersebut > untuk croscek bukalah gallery anda apakah foto dan video tersebut masih terlihat atau tidak.

Menyimpan foto dan video di brankas pribadi

Anda dapat dengan mudah menyimpan koleksi foto dan video di Hp android anda dengan cara sangat mudah dan cepat. Anda cukup masuk ke gallery > kemudian memilih foto atau video yang ingin disembunyikan > ketuk foto atau video yang dipilih beberapa saat hingga muncul pilihan tambah ke brankas pribadi.

Baca juga:  2 Cara Download Video di Facebook Lewat PC dan Aplikasi

Jika sudah secara otomatis foto tersebut akan tersimpan di brankas pribadi dan tidak akan terbaca di gallery. Jika anda ingin mengakses file tersebut, anda dapat masuk ke menu pengaturan kemudian carilah pilihlah  keamanan maka akan muncul brankas pribadi, namun untuk membuka brankas pribadi tersebut anda akan diminta untuk memasukkan PIN terlebih dahulu.  Cara ini biasanya dilakukan pada HP android seperti OPPO dan Vivo.

Mudah bukan caranya untuk menyembunyikan foto dan video di HP android anda tanpa ribet menginstall aplikasi lain. Semoga informasi ini dapat membantu.