Salah satu masalah yang kerap terjadi pada HP android adalah munculnya virus. Mungkin masalah ini juga pernah Sobat alami. Pasalnya, virus bisa merusak aplikasi, data, bahkan sistem. Untuk itu, sangat penting mengetahui cara menghilangkan virus di HP. Pada artikel kali ini, teknocaggih.com akan membahas lengkap tentang penyebab virus dan cara menghilangkannya dengan beberapa metode.

Penyebab Munculnya Virus di HP

Virus bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Sebelum mengetahui cara mengatasi virus di HP, sebaiknya Sobat ketahui dulu penyebabnya:

1. Menginstal Aplikasi dari Sumber Tidak Jelas

Jika Sobat pernah menginstal aplikasi dari sumber tidak jelas, hal ini bisa mengakibatkan virus di HP. Ini adalah salah satu faktor paling sering terjadi.

2. Pertukaran Data dari Perangkat Lain

Mungkin Sobat sering bertukar data dengan perangkat lain. Perlu diketahui, hal ini sering menjadi penyebab hadirnya virus. Pertukaran data ini bisa melalui Bluetooth, kabel data, dll.

3. Mendownload File/ Data dari Situs Tidak Aman

Saat mendownload sesuatu dari HP, pastikan situs tersebut aman. Pasalnya, mendownload data atau file termasuk aplikasi dan game dari situs yang kurang aman bisa mengakibatkan munculnya virus.

4. Mengunjungi Website Bervirus

Satu lagi, bagi Sobat yang suka browsing, mulai sekarang harus hati-hati karena banyak situs bervirus yang jika dikunjungi bisa menularkan virus ke perangkat HP Sobat.

Baca juga:  Cara Menginstal Laptop Dengan Sistem Operasi Windows 10

Bahaya Virus pada HP

Jika HP terdapat virus, apa yang terjadi? Hal ini tergantung pada apa yang diserang virus tersebut. Virus bisa menyerang data, aplikasi, game, bahkan sistem pada HP android. Jika virus menyerang data, aplikasi, atau game, maka mereka akan rusak dan tidak bisa dibuka. Jika virus menyerang sistem, maka sistem akan rusak yang menyebabkan rusaknya HP sehingga harus dibawa ke tempat service HP. Itulah pentingnya untuk selalu menjaga HP agar bebas dari virus.

Tips-tips Menghilangkan Virus di HP

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh Sobat semua untuk menghilangkap virus yang sudah menjangkiti HP. Inilah beberapa tips yang bisa dicoba:

1. Menggunakan Aplikasi Antivirus

Ini adalah langkah awal cara menghilangkan virus di HP yang bisa Sobat lakukan. Namun, cara ini bisa membuat kinerja HP semakin terbebani, khususnya jika HP android Sobat tidak memiliki RAM yang cukup besar. Beberapa contoh aplikasi Antivirus terbaik untuk HP adalah seperti AVG, Bidfender, Kerpersky, Avast Mobile Security, dan masih banyak lagi.

2. Menghapus Data yang Terkena Virus

Jika menghapus virus dengan aplikasi antivirus tidak berhasil, maka Sobat bisa mencoba cara selanjutnya yaitu menghapus data yang sudah terkena virus. Namun, ini tentu bukan solusi bagus jika data tersebut adalah data penting. Jika berhubungan dengan aplikasi, maka menghapus aplikasi menjadi solusi terbaiknya. Dengan begitu, virus juga akan hilang dan Sobat bisa mendownload & menginstal aplikasi tersebut lagi nanti.

Baca juga:  Ini Dia Tutorial Foto Bokeh ala Dual Kamera Yang Harus Kamu Coba

3. Mereset ke Setingan Pabrik

Jika langkah kedua tadi belum berhasil juga, cara menghilangkan virus di HP android selanjutnya adalah dengan mereset HP ke pengaturan awal pabrik. Namun sebelumnya, Sobat harus melakukan backup data terlebih dahulu karena cara ini akan menghilangkan data-data yang tersimpan di memori internal dan aplikasi-aplikasi yang sudah terinstal. Cara ini juga membuat performa HP android Sobat seperti baru lagi. Meski sudah pasti berhasil, namun cara ini harus dipertimbangkan matang-matang mengingat kerugian yang mungkin terjadi yaitu hilangnya data dan aplikasi.

4. Menginstal Ulang/ Flash Sistem Operasi HP

Satu lagi cara alternatif yang bisa digunakan. Namun ini adalah langkah terakhir dan hanya direkomendasikan kalau virus tersebut telah menyerang sistem HP android Sobat. Jika ini terjadi, maka flash atau instal ulang menjadi satu-satunya solusi bagi Sobat yang masih ingin mempertahankan HPnya.

Cara ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Jika Sobat belum berpengalaman dalam hal ini, sebaiknya percayakan HP android Sobat ke tempat service atau customer service resmi dari HP android Sobat.

Cara Mencegah Virus dan Menjaga HP Bebas dari Virus

Bagi Sobat yang punya HP android sebaiknya jaga baik-baik agar tidak terserang virus. Faktor-faktor penyebab virus di atas bisa menjadi masukan penting untuk menjaga HP android Sobat supaya dijauhkan dari bahaya virus. Pasalnya, virus bisa datang dari mana saja dan ada bermacam-macam jenis virus yang bisa menyerang HP.

Baca juga:  Cara Melacak No HP Lewat Google Maps dengan Cepat

Selain mengetahui cara menghilangkan virus di HP, Sobat juga harus bisa merawat dan menjaga HP agar tidak terserang virus lagi. Di sini, Sobat memerlukan antivirus yang bisa mendeteksi virus. Jika virus dapat terdeteksi secara dini, maka Sobat bisa menghapus virus tersebut sebelum merusak data maupun aplikasi. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat untuk Sobat semua yang masih sayang dengan HP androidnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here