Cara Melacak Lokasi Nomor HP Secara Detail dan Lengkap Semua Operator

Pernahkah Sobat teknocanggih merasa terganggu dengan telpon atau sms dari orang yang gak jelas? Mungkin mereka sering menyebar spam atau bahkan meneror Sobat semua. Jika Sobat ingin tahu di mana pemilik nomor tersebut, ada beberapa cara melacak lokasi nomor HP secara detail yang bisa Sobat coba. Pada artikel kali ini, teknocanggih.com akan membahas beberapa cara yang paling akurat. Jadi, silahkan Sobat membacanya baik-baik.

Cara Melacak Lokasi Nomor HP Menggunakan GPS

Salah satu cara melacak nomor HP secara akurat adalah dengan menggunakan Google Maps atau GPS. Namun sebelumnya, pastikan dulu Sobat punya aplikasi GPS di smartphone Sobat. Jika belum, Sobat bisa mendownloadnya di Play Store. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Mulailah Sobat menjalankan GPS di ponsel dan pastikan terhubung dengan jaringan internet.
  2. Setelah terbuka, silahkan Sobat masuk menu Option.
  3. Kemudian, lanjutkan masuk menu Friend List dan pilih Add Friend.
  4. Lalu, Sobat bisa segera invite nomor HP yang ingin dilacak.
  5. Terakhir, klik nomor tersebut dan GPS akan segera otomatis melacak lokasinya secara detail dan juga akurat.

Cara Melacak Lokasi Nomor HP Menggunakan Google Latitude

Ada sebuah alat gratis dari Google yang bisa melacak lokasi no HP yaitu Google Latitude. Alat ini sangat mudah digunakan, bahkan dengan HP yang belum android sekalipun. Jika cara pertama mengharuskan nomor yang melacak dan dilacak memiliki GPS, lain halnya dengan cara kedua ini. Nomor yang dilacak tidak harus punya aplikasi GPS di ponselnya.

Baca juga:  5 Cara Menyambungkan HP ke TV dengan Mudah

Google Latitude juga bisa diintegrasikan dengan GPS agar lokasi pencarian nomor HP bisa semakin akurat. Sobat bisa menggunakannya untuk melacak keberadaan seseorang seperti tukang teror, keluarga, atau lainnya. Syaratnya hanya satu, ponsel yang digunakan untuk melacak dan yang dilacak harus terkoneksi dengan internet.

Cara Melacak Lokasi Nomor HP dengan Aplikasi

Ada aplikasi gratis di Google Play Store yaitu Lacak Nomor HP. Aplikasi ini cocok untuk mencari orang terdekat yang sedang tersesat atau tidak tahu arah. Syaratnya, Sobat dan seseorang yang ingin dicari lokasinya harus memiliki aplikasi ini di ponsel masing-masing. Jika belum, maka silahkan download di Google Play Store dan instal.

Kemudian, buka atau jalankan aplikasi ini. setelah terbuka, pilih menu Lacak Nomor HP. Setelah itu, cari kontak yang mau dilacak. Cara melacak lokasi nomor HP secara detail ini akan meminta konfirmasi pelacakan lokasi ke nomor yang bersangkutan. Setelah nomor masuk daftar pelacakan, tekan tombol anak panah dan lanjut menekan Mulai Melakukan Pelacakan. Silahkan Sobat tunggu beberapa saat hingga lokasi ditemukan dan terlihat di peta GPS.

Cara Melacak Lokasi Nomor HP dengan HRL Lookup

HRL Lookup adalah sebuah aplikasi yang bisa membantu Sobat melacak nomor HP. Namun, cara melacak lokasi nomor HP secara lengkap menggunakan aplikasi ini hanya bisa berhasil kalau pengguna nomor berada di wilayah saat mendaftarkan atau registrasi nomor tersebut. Pasalnya, pelacakan lokasi bukan pada lokasi saat ini berada atau real time. Namun, ini bisa menjadi alternative dan tidak ada salahnya dicoba dulu.

Baca juga:  Panduan Cara Cek Resi JNE Via HP Dengan Mudah

Cara Melacak Nomor HP Berdasarkan Kartu Provider

Melacak nomor HP juga bisa melalui customer service tiap kartu provider. Seperti yang kita tahu, tiap provider saat ini mengharuskan penggunanya meregistrasi ulang dengan menggunakan nomor KTP dan KK. Jadi, informasi detail dan lengkap mengenai pemilik nomor yang akan dilacak bisa didapat dengan mudah. Namun, yang menjadi masalah adalah apabila nomor yang ingin Sobat lacak tidak didaftarkan sesuai dengan data pemilik aslinya.

Apapun providernya, pasti mereka memiliki customer service. Jadi, sebelum bertanya pada customer service, ketahui dulu apa kartu provider yang digunakan dari nomor tersebut. Apakah itu Telkomsel, XL, Indosat, Axis, Smartfren, Three, atau provider lainnya. Sobat bisa bertanya pada customer service melalui Fanspage resmi, twitter, telepon, atau layanan lain yang disediakan masing-masing provider. Satu tips agar respon dari customer service cepat adalah Sobat harus menyertakan bukti yang kuat yang menyatakan kalau Sobat memang sedang betul-betul membutuhkan informasi tersebut. Misalnya adalah pada kasus penipuan, teror, korban ancaman, dll.

Cara melacak lokasi nomor HP secara detail dari masing-masing provider juga bisa dilakukan dengan cara lain. Pasalnya, tiap provider menyediakan layanan lacak nomor HP dan tentunya caranya berbeda-beda. Misalnya untuk nomor Indosat, caranya adalah dengan mengetik *777*6# atau bisa lewat SMS dengan format ketik LACAK (spasi) (nomor tujuan) dan kirim ke 946. Untuk nomor Telkomsel, Sobat tinggal mengetik *250# dan pilih menu sesuai petunjuk. Alternatifnya adalah lewat Telkomsel Finder. XL, Three, dan provider lain juga punya cara masing-masing. Informasi yang diberikan mengenai lokasi pun real time dan akurat.

Baca juga:  Cara Membuat Smartphone Android Aman dari Anak