Cara Mengunci Desktop Komputer Dengan Mudah

Cara mengunci komputer – Ketika Sobat sedang bekerja menggunakan komputer, kemudian Sobat ingin sejenak beristirahat dan meninggalkan ruang kerja Sobat, tentunya Sobat ingin agar kerjaan yang belum selesai tidak hilang atau mencegah komputer dari tangan-tangan jahil dari keramaian di tempat kerja Sobat. Daripada menimbulkan resiko yang nantinya merugikan, Sobat bisa mencoba cara mengunci komputer menggunakan fitur pengaman yang disediakan oleh Microsoft Windows.  Simak ulasan teknocanggih.com di bawah ini.

Kunci Desktop dengan Memberi Password Di Komputer

Cara mengunci desktop komputer yang paling klasik dan saya yakin Sobat semua sudah tahu, adalah dengan membuat kata sandi atau password untuk siapa saja yang mengakses laptop. Password semacam ini dirancang tak lain untuk lebih mengamankan data dan informasi yang ada di komputer, Sobat bisa terlebih dahulu mengatur password di komputer Sobat.  Caranya akan diuraikan sebagai berikut.

  • Klik ikon Windows di bagian pojok kiri bawah layar desktop.
  • Pilih menu Settings
  • Pilih menu Accounts
  • Klik menu Sign-in options
  • Isi password dengan mengklik Add pada tab password.
  • Akan muncul halaman untuk mengisi password dan hint.
  • Setelah mengisi password yang sesuai dengan keinginan Sobat, klik Next
  • Klik Finish.

Cara di atas berlaku untuk Sobat yang menggunakan sistem operasi Windows 8 dan 10.  Jika Sobat menggunakan windows XP, Vista dan 7, Sobat bisa menggunakan cara yang berbeda untuk mengatur password di komputer.  Langkah-langkahnya tertera di bawah ini.

  • Klik menu Windows yang terletak di bagian pojok kiri bawah layar desktop
  • Pilih menu Control Panel
  • Pada halaman Control panel yang muncul, klik menu User Accounts
  • Kemudian pilih User Account and Familiy Safety
  • Pada halaman yang muncul, klik Create a password for your account
  • Setelah itu Sobat bisa mengisi password yang Sobat inginkan, jangan lupa mengisi password hint.
  • Setelah itu klik create password
Baca juga:  Cara Membuat Hotspot di Laptop Windows 7, 8 dan 10

Setelah Sobat membuat password di komputer, sekarang Sobat tak perlu khawatir lagi akan kehilangan data dan informasi penting yang ada di komputer Sobat.  Selanjutnya, Sobat tinggal mempelajari bagaimana cara mengunci layar komputer yang diuraikan di bawah ini.

Lock Komputer Menggunakan Tombol Keypad

cara mengunci komputer yang kedua adalah dengan menggunakan tombol keypad yang saya yakin tidak diketahui oleh banyak orang. Dengan mengklik tombol Ctrl + Alt + Delete di keyboard secara bersamaan, Sobat bisa secara langsung mengunci komputer Sobat.  Setelah mengklik tombol tersebut, akan muncul halaman perintah yang muncul di layar komputer.  Sobat tinggal memilih perintah Lock untuk mengunci layar komputer.

Selain cara diatas, Sobat juga bisa mengklik tombol Windows + L di keyboard secara bersamaan.   Pada cara ini, komputer akan terkunci otomatis tanpa ada pilihan perintah untuk mengunci komputer.  Fitur ini sudah bisa digunakan bagi Sobat yang menggunakan sistem operasi Windows Vista dan versi di atasnya.

Kunci Komputer Menggunakan Menu Start

Klik menu start yang terletak di sudut kiri bawah desktop komputer Sobat.  Lalu klik kanan dan pilih ikon gambar pengguna Windows.  Kemudian akan muncul daftar perintah yang akan dilakukan oleh Windows.  Sobat bisa memilih perintah Lock untuk mengunci Windows. Ini adalah cara mengunci komputer paling klasik, tapi termasuk jarang dipakai.

Membuat Shortcut Di Desktop

Klik kanan di desktop komputer Sobat, pilih New, kemudian pilih Shortcut.  Akan muncul halaman Create Shortcut, Sobat bisa menginput ketikkan C:\Windows\System32\rundll32.exe user32.dll, LockWorkStation kemudian klik tombol Next.  Selanjutnya masukkan nama dari shortcut yang akan dibuat dengan mengisi nama pada kolom yang disediakan, klik Next jika sudah selesai.  Shortcut untuk mengunci Windows sudah ada di desktop, jika Sobat mengklik shortcut tersebut, maka komputer akan secara otomatis terkunci.

Baca juga:  Cara memblokir nomor HP dengan 2 Langkah Mudah, Dijamin Berhasil!

Itulah beberapa cara yang bisa Sobat lakukan untuk mengunci komputer dengan mudah.  Jangan lupa untuk mengingat password yang sudah Sobat buat di awal tadi ya.  Selamat mencoba dan semoga tutorial ini bermanfaat untuk Sobat semua.