VGA merupakan salah satu perangkat yang sangat penting dalam sistem operasi komputer maupun laptop. Tak jarang banyak orang yang melihat spesifikasi VGA sebelum membeli laptop, terutama di bidang grafis. Apalagi jika Sobat hobi memainkan game, tentunya VGA menjadi hal penting selain kapasitas RAM pada laptop Sobat. Berikut teknocanggih.com akan bahas bagaimana cara cek vga laptop berbasis Windows.

Ada beberapa cara untuk melihat spesifikasi vga laptop yang bisa Sobat coba sendiri di perangkat yang Sobat miliki. Langkah bijak yang sebaiknya dilakukan adalah memilih cara yang paling mudah, kemudian menggunakan metode kedua untuk mengonfirmasi kebenaran informasi tersebut.

1. Melihat Stiker Di Laptop

Cara cek vga laptop yang pertama ini adalah yang paling mudah dilakukan, bahkan Sobat tidak perlu menghidupkan laptop atau membuka kemasan serta casing. Secara umum, terdapat stiker di bagian laptop yang menunjukkan spesifikasi dari laptop tersebut.

Biasanya informasi berupa kapasitas RAM, HD, layar LCD, prosesor dan VGA yang diimiliki laptop.  Namun, adakala stiker tersebut hanya menampilkan beberapa informasi saja.  Jika demikian, Sobat bisa menggunakan cara lainnya di bawah ini.

2. Cek VGA Menggunakan Fitur Screen Resolution

Cara cek vga laptop yang kedua baru membutuhkan sistem yang berjalan. Artinya Sobat harus menghidupkan laptop atau komputer kemudian menjalankan prosedurnya.

Jika Sobat menggunakan sistem operasi Windows 7, maka cara ini bisa Sobat gunakan untuk mengetahui spesifikasi VGA pada laptop Sobat.  Caranya yaitu dengan mengklik kanan pada halaman desktop Sobat, kemudian pilih Screen Resolution.  Kemudian muncul tampilan Screen Resolution, disini Sobat bisa mengklik Identify.  Setelah itu, pada tab Display akan muncul spesifikasi VGA yang terdapat di laptop Sobat.  Jika Sobat ingin melihat spesifikasi VGA secara detail, Sobat bisa mengklik menu Advanced Settings dan pilih tab Adapter.

Baca juga:  Cara Menyadap WA dengan Nomor HP Mudah Tanpa Ribet

3. Cara Cek VGA laptop Menggunakan Device Manager

Device Manager memberikan informasi terkait semua perangkat keras yang dimiliki laptop Sobat.  Untuk membuka fitur ini menggunakan cara yang berbeda-beda, tergantung sistem operasi Windows yang Sobat gunakan.

  • Untuk Windows XP dan Windows 7, Sobat bisa menemukan Device Manager di menu Control Panel atau Sobat bisa menggunakan tombol shortcut Win + Pause break (Home) pada keyboard Sobat untuk membuka halaman Device Manager.
  • Untuk Windows 8 dan 10, Sobat tinggal mengklik tombol Windows + X dan pilih menu Device Manager dari halaman yang muncul.
  • Setelah halaman Device Manager muncul, klik tab Display Adapter. Pada tab ini, semua kartu grafis yang terpasang di laptop Sobat akan ditampilkan.
  • Klik dua kali pada tab Adapter di Device Manager, lalu pilih tab Details untuk melihat informasi kartu VGA yang digunakan di laptop Sobat.

4. Menggunakan Aplikasi DirectX Diagnostic Tool

Sobat bisa mengecek spesifikasi VGA laptop dengan menggunakan aplikasi bawaan Windows yaitu DirectX Diagnostic Tool.  Selain spesifikasi VGA, Sobat juga bisa melihat spesifikasi lainnya dengan menggunakan aplikasi ini.  Untuk menjalankan aplikasi ini, Sobat tidak perlu repot menginstallnya, ikuti langkah di bawah ini.

  1. Pilih menu Run atau klik tombol Windows + R di keyboard Sobat.
  2. Pada halaman yang muncul, ketikkan dxdiag
  3. Klik OK
  4. Tunggu beberapa detik, akan muncul tampilan aplikasi DirectX Diagnostic Tool.
  5. Pilih tab menu Display
  6. Muncul spesifikasi lengkap VGA laptop Sobat
Baca juga:  3 Cara Reset Hp Samsung untuk Mengatasi Berbagai Masalah yang Dijumpai

5. Menggunakan Software CPU-Z

Selain menggunakan aplkasi bawaan Windows, tak ada salahnya jika Sobat menggunakan software lainnya seperti CPU-Z.  Ini menjadi cara cek vga laptop yang terakhir.

Untuk langkah awal, tentunya Sobat harus menginstall terlebih dahulu aplikasi satu ini.  Tak perlu khawatir, software ini berlisensi free kok, Sobat bisa mendapatkannya secara gratis di situs resminya.  Setelah menginstall program ini, Sobat bisa melihat berbagai perangkat hardware yang dimiliki laptop Sobat dengan detail dan lengkap.

Itulah beberapa cara yang Sobat bisa gunakan untuk mengecek spesifikasi VGA laptop.  Tentunya dengan mengikuti cara-cara di atas, Sobat tidak lagi bingung untuk memilih laptop yang sesuai dengan keinginan Sobat.  Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here