Tutorial Cara Setting Wifi di Laptop Windows

Terima kasih masih setia mengunjungi blog sederhana ini, senang rasanya bisa kembali hadir membawakan topik yang cukup menjadi momok bagi pengguna pemula, yaitu cara setting wifi di laptop Windows.

Di zaman perkembangan teknologi seperti sekarang ini, tentunya kebutuhan internet menjadi hal yang umum bagi Sobat semua.  Beberapa tempat tongkrongan pun sudah menyediakan fasilitas hotspot WiFi gratis bagi pengunjungnya, tentunya ini menjadi hal yang bagus bagi Sobat yang ingin menggunakan WiFi gratis.

Namun, ada kalanya ketika laptop Sobat mengalami kendala untuk mengaktifkan WiFi sehingga pendeteksian WiFi pun menjadi terganggu atau bahkan tidak terdeteksi. Untuk itu, Sobat tidak perlu bingung dalam menanganinya. Berikut ini teknocanggih.com akan ulas langkah-langkah cara setting wifi di laptop Sobat.

1. Mengaktifkan WiFi Pada Taskbar

Pada bagian taskbar laptop, tepatnya di bagian notification area yang terletak di sebelah kiri taskbar laptop, Sobat bisa mengaktifkan WiFi pada bagian tersebut.  Caranya dengan mengklik icon WiFi pada bagian notification area.  Setelah mengklik icon tersebut, akan muncul daftar perangkat WiFi yang tersedia, cari nama perangkat WiFi yang Sobat inginkan.

Setelah mengklik perangkat WiFi yang sudah Sobat pilih dan klik connect, kemudian akan muncul halaman untuk menginput password jika perangkat WiFi tersebut menggunakan password. Sobat bisa mengklik checklist pada Connect automatically agar terhubung secara langsung ketika Sobat ingin menggunakan kembali perangkat WiFi tersebut.  Jika sudah terkoneksi, maka akan muncul keterangan Connected di bagian notification area pada taskbar laptop Sobat.

Baca juga:  3 Cara Melihat IP Komputer Untuk Pemula

2. Mengaktifkan WiFi Pada Tombol Keyboard

Cara setting wifi di laptop yang kedua bisa dimulai dengan menekan tombol di keyboard Sobat. Dalam hal ini, berbagai merk laptop mempunyai tombol khusus yang berbeda-beda.  Untuk itu, pastikan letak tombol WiFi pada keyboard Sobat.  Biasanya, dilambangkan dengan icon WiFi atau pesawat dan tombol ini terletak di bagian atas keyboard Sobat ya.  Untuk mengaktifkan WiFi, Sobat bisa mengklik tombol tersebut secara langsung atau bisa jugaa dengan menekan tombol fn terlebih dahulu kemudian diikuti dengan menkan tombol Wifi tersebut.  Setelah itu, Sobat bisa langsung menggunakan perangkat WiFi yang tersedia.

3. Mengaktifkan WiFi Dengan Bantuan Windows Mobility Center

Sobat juga bisa mengaktifkan Wifi dengan fitur yang disediakan oleh Windows, yaitu Windows Mobility Center.  Sobat tinggal mengklik icon Windows, lalu ketik Windows Mobility Center pada kolom search yang tersedia, kemudian klik fitur tersebut.  Setelah itu, akan muncul halaman Windows Mobility Center, Sobat bisa mengklik icon question mark yang terletak pada bagian kanan bawah halaman tersebut.

Kemudian Sobat tinggal memilih menu Open Network Status Settings, akan muncul pengaturan WiFi di sebelah kanan.  Sobat tinggal mengklik bagian WiFi untuk membuat status WiFi menjadi on.  Dengan demikian WiFI Sobat sudah aktif dan Sobat tinggal memilik koneksi perangkat WiFi yang tersedia .

Baca juga:  Cara Logout Gmail di Hp Dengan Mudah Tanpa Ribet

4. Mengaktifkan WiFi Dengan Menggunakan Adapter

Cara setting wifi di laptop menggunakan adapter jadi alternatif berikutnya, Sobat bisa langsung masuk ke menu Control Panel atau dengan memilih menu settings pada start menu laptop Sobat.  Kemudian pilih kategori Network and Internet, pilih Networking and Sharing Centre (pada windows 7 dan 8, untuk pengguna windows 10 bisa memilih menu WiFi).

Selanjutnya akan muncul kolom di sebelah kiri, Sobat pilihlah Change adapter options.  Setelah itu akan muncul perangkat internet yang Sobat gunakan yaitu Ethernet dan WiFI, Sobat bisa mengklik kanan pada icon WiFi yang akan Sobat gunakan kemudian pilih Enable.  Dengan demikian, WiFi Sobat sudah terkoneksi.

Bagaimana Sobat, masih bingung atau sudah mulai mengerti bagaimana cara setting wifi di laptop berbasis Windows? Ternyata tidak terlalu sulit kan ya? Hanya saja, karena pengetahuan itu belum sampai ke Sobat, sehingga terdengar rumit. Semoga pembahasan di atas membuka pemahaman Sobat lebih baik dari sebelumnya. Selamat berinternet ria dengan Wifi gratisnya.