Beberapa ciri yang dihadirkan pada flagship Samsung cepat atau lambat akan diterapkan pada seri-A dan seri-J. Dan di J4+ ini, kita disuguhi back coverglass yang sebelumnya hanya ditemui di A-8 serta flagship Samsung.

Apakah J4+ hanya cantik luarnya saja? Saya, Arya dari Teknocanggih, dan inilah review dari Samsung Galaxy J4+.

review samsung J4+
review samsung J4+
samsung J4+ belakang
samsung J4+ belakang

Review Mendalam Samsung Galaxy J4+

Jika Sobat teknocanggih lihat back covernya, ini smartphone entry-level Samsung tercantik untuk saat ini. Walaupun bukan benar-benar kaca, bahannya adalah polikarbonat dengan lapisan glass-look.

Frame-nya juga terbuat dari plastik dengan lapisan glossy, sehingga cocok disandingkan dengan back covernya. Bagian depannya juga dilapisi kaca, namun tidak ada keterangan khusus jenis kaca yang digunakan.

samsung J4+ depan
samsung J4+ depan
samsung J4+ depan #3
samsung J4+ depan #3

Bezel yang cukup tebal mengunci 6″ IPS LCD dengan resolusi HD+. Secara dimensi cukup besar namun enak untuk digenggam. Penampakan tombol power di sisi kanan dan volume di sisi kiri, tidak menyulitkan untuk diraih dan nyaman ditekan.

Yang pasti, selalu siap sedia micro-fiber cloth untuk membersihkan bekas sidik jari yang menempel. Jika malas, lebih baik pasangi casing ekstra karena pada pemakaian saya sudah muncul goresan halus.

Spesifikasi Samsung Galaxy J4+

spesifikasi Samsung J4+
spesifikasi Samsung J4+
samsung J4+ spesifikasi
samsung J4+ spesifikasi

Snapdragon 425 untuk smartphone harga Rp 2 juta di tahun 2018 bisa dibilang sangat tidak masuk akal, jadul, minim dukungan API, bahkan manufacturing process-nya masih 28nm. Setidaknya untuk kebutuhan sehari-hari masuk ke kategori cukup.

samsung J4+ games
samsung J4+ games
samsung J4+ games #2
samsung J4+ games #2
samsung J4+ games #3
samsung J4+ games #3

Tidak sampai stress, tapi bukan yang terbaik juga. Hal yang sama tidak berlaku pada kemampuan gamingnya. Saya coba di 5 game, Asphalt 9, Voice, Mobile Legends Bang Bang, PUBG Mobile dan Honkai Impact.

Baca juga:  Harga Huawei Nova 3i Terbaru: Review Lengkap dan Spesifikasi
samsung J4+ antutu #2
samsung J4+ antutu #2
samsung J4+ antutu
samsung J4+ antutu

Panas juga mulai terasa saat diberi beban intensif di atas 20 menit. Pada uji sintetik, saya menjalankan AnTuTu 7, Geekbench 4, PCMark Work 2. 0,3D Mark Ice Storm Unlimited dan GFXBench. Skor 3DMark dan AnTuTu mengalami penurunan performa setelah beberapa kali uji coba. Dan titik panas paling tinggi terasa di sekitar sini.

samsung J4+ sim card
samsung J4+ sim card

Karena SoC ini juga, J4+ tidak support dual 4G,setidaknya slot SIM Card tidak hybrid dan voice over LTE sudah diberikan out of the box. Untuk konektivitas lain, dukungan WiFi b/g/n tanpa IC,tidak ada NFC, tidak ada sensor gyro,tidak ada fingerprint sensor, namun untuk keamanan bisa menggunakanface unlock yang sayangnya tidak konsisten.

samsung J4+ audio
samsung J4+ audio

Ada hal menarik di sensor dan konektifitas ini, yaitu Bluetooth yang digunakan masih versi 4.2 tapi terdapat fitur dual audio untuk mendengarkan musik melalui 2 speaker atau headphone bluetooth secara bersamaan. Fitur ini umumnya dikenalkan di bluetooth versi 5. Berbicara soal audio, posisi speaker di J4+ iniberada di tempat yang tidak lazim.

Posisi yang tidak biasa ini cukup efektif terutama saat bermain game atau menonton video. Speaker akan langsung diarahkan ke Gadgeteers. Doyan dengarkan via headset? Ada fitur Dolby Atmos dengan serangkaian pengaturan lanjutan,seperti equalizer dan
sound profiling.

Daya Tahan Batery Samsung Galaxy J4+

Bagaimana dengan daya tahan baterainya? Dari pengujian PCMark Work 2.0 di tingkat kecerahan 200 Lumen,mendapatkan hasil 9 jam 10 menit,hasil yang di bawah standar kapasitas 3300 mAh di entry-level. Pada penggunaan sehari-hari, ponsel ini mmapu bertahan dengan screen on time 5 jam dan standby time 11-12 jam tergantung aplikasi apa saja yang dijalankan.

Baca juga:  Review Mendalam Realme 2: Harga Terbaru dan Spesifikasi Lengkap
samsung J4+ battery
samsung J4+ battery
samsung J4+ daya tahan batery #2
samsung J4+ daya tahan batery #2

Ada 1 bug pada pengaturan baterai yaitu pemakaian bluetooth yang sangat berlebihan, bahkan bisa mencapai 90%. Semoga ke depannya dapat diperbaiki melalui pembaharuan software.

samsung J4+ daya tahan batery
samsung J4+ daya tahan batery

Pengisian dayanya juga biasa saja, standar output 5V/1A untuk baterai 3300 mAh, dari 1% sampai 100% membutuhkan waktu 3 jam 10 menit. Bukan Samsung jika tidak ada bloatware, beberapa mungkin diperlukan, tapi jika bisa di uninstall, kenapa tidak?! Sayangnya, kebanyakan hanya bisa di non-aktifkan saja.

Tidak banyak hal yang ditawarkan Samsung Experience 9.5 di Android 8. 1 Oreo ini. Kalau kalian memerlukan Bixby, hanya tersedia Bixby Home tanpa akses pintas ke perintah suaranya. Untuk saya sih? Bixby Home ini tidak saya perlukan sampai saat ini.

Beberapa fitur Oreo juga bisa kita temui,seperti Picture in Picture Mode,dan Autofill. Bosan dengan tampilan standar? Ada aplikasi tema untuk menyesuaikan ponsel dengan selera Sobat. Saya sih sukanya tema hitam seperti ini. Kalau Sobat, suka yang mana?

Hasil Kamera Samsung Galaxy J4+

Satu hal yang bisa saya terima dari smartphone ini adalah hasil fotonya. Oke, memang mode manualnya tidak lengkap,tidak ada mode bokeh, tapi hasilnya tajam dengan produksi warna yang pas. Sayangnya opsi HDR tersembunyi di Pengaturan,sehingga cukup sulit, jika ingin mengubah manual.

samsung J4+ hasil kamera #2
samsung J4+ hasil kamera #2
samsung J4+ hasil kamera
samsung J4+ hasil kamera
samsung J4+ hasil kamera #4
samsung J4+ hasil kamera #4

Untungnya, deteksi kapan HDR dan tidak sangat baik dengan waktu proses sekitar 1-2 detik. Pada kondisi minim cahaya, hasilnya juga tidak mengecewakan. Noise artifak minim, walaupun tetap ada kompensasi detail.

Baca juga:  Review Nokia 6.1 plus indonesia: Harga Terbaru dan Spesifikasi Lengkap

Absen di kamera utama, justru ada mode bokeh di kamera selfie dengan nama Selfie Focus. Separasi obyek dengan background memang masih belum sempurna,terutama saat latarnya cukup rumit.

Foto yang dihasilkan sangat detail, tone kulit yang enak dilihat dan tidak terlalu dipoles paksa oleh beautification-nya. Sayangnya tidak begitu hasilnya saat minim cahaya. Produksi noise besar-besaran dan pixel smoothingmembuat detailnya hilang drastis.

Selfie Focus saat minim cahaya, umm. . saya sarankan sih sebaiknya tunggu besok pagi saja untuk foto selfie bokeh lagi. Tidak adanya Image Stabilization dan view finder khusus rekaman video membuat saya katakan TIDAK untuk perekaman video di J4+ ini.

samsung J4+ hasil kamera low light
samsung J4+ hasil kamera low light
samsung J4+ hasil kamera low light #2
samsung J4+ hasil kamera low light #2
samsung J4+ hasil kamera #5
samsung J4+ hasil kamera #5
samsung J4+ hasil kamera #3
samsung J4+ hasil kamera #3

Hasilnya juga tidak terlalu istimewa, saturasinya rendah, dan tingkat kecerahananya itu lebih baik versi selfienya dibandingkan kamera utamanya. Ini adalah sampel video kamera dari J4+ di resolusi 1080p, Full HD.

Dari pengujian yang sudah dilakukan, sayangnya Galaxy J4+ ini dominan cantik luarnya saja. Ini bukan ponsel yang cocok untuk Sobat yang doyan main game, melainkan para sosialita yang memerlukan smartphone elegan untuk menjelajahi social media sekaligus memamerkan hasil foto dari ponsel ini.

Terima kasih atas perhatiannya. Klik Like dan share jika Sobat suka dengan Artikel ini, semoga artikel review samsung galaxy j4 ini bisa menjadikan referensi berkualitas buat Sobat semua.

Harga : Rp. 2.299.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here