Vivo IQOO Pro 5G Resmi Dirilis, Jagoan Baru Vivo dengan Prosesor Snapdragon 855 Plus

Vivo IQOO Pro 5G – salah satu vendor smartphone ternama asal China, Vivo akan merilis ponsel dengan jaringan internet 5G yaitu Vivo IQOO PRO 5G. Dilansir dari Weibo resmi Vivo, jika ponsel seri IQOO Pro 5G akan dirilis tanggal 22 Agustus 2019. Keunggulan utama yang paling disorot adalah penggunaan chipset yang digadang-gadang lebih cepat dan mantab dibandingkan kompetitor lainnya di kancah hp gaming.

Vivo IQOO Pro 5G

Dapur Pacu yang Handal

Seri IQOO dari Vivo memang menyasar ke pasar pecinta game. Penambahan kode Pro dan 5G membuktikan jika ponsel gaming ini memang khusus untuk Anda yang sangat suka bermain game di smartphone. Terutama untuk jenis game dengan tingkat grafis yang tinggi.

Untuk mendukung para gamer, ponsel Vivo IQOO Pro 5G menggunakan chipset Qualcomm SDM855 Snapdragon 855 Plus (7 nm). Chipset ini dipadukan dengan processor Octa-core (1×2.96 GHz Kryo 485 & 4x 1.8 GHz Kryo 485).

Snapdragon 855 Plus sendiri merupakan versi lebih bagus (upgrade) dari Snapdragon 855 standar dan khusus dipergunakan untuk ponsel gaming. Chipset Snapdragon 855+ sendiri memiliki clock speed hingga 2,96 GHzsehingga memungkinkan ponsel yang menggunakan chipset ini sangat mendukung untuk bermain game.

Selain menggunakan chipset Snapdragon 855+, seri IQOO Pro 5G juga didukung dengan OS Android 9 Pie (Vanilla) gaming shark space yang dilengkapi dengan saklar hardware khusus.

Selain itu, tampilan atau output dari ponsel yang dilengkapi dengan interface Funtouch 9 ini, dapat maksimal terutama ketika dipergunakan saat bermain game, maka seri gaming ini dilengkapi dengan penggunaan GPU Adreno 640 (700 MHz).

Baca juga:  Spesifikasi dan Harga Vivo S1 Terbaru 2019

Jaringan, Dimensi dan Display untuk Menjelajah Dunia Maya

Sesuai dengan namanya,IQOO Pro 5G,ponsel ini memungkinkan Anda untuk untuk menjelajah di dunia maya dengan jaringan yang lebih cepat yaitu 5G. Sayangnya, untuk saat ini belum banyak tempat yang dilengkapi dengan jaringan 5G namun ponsel ini dapat menjadi pilihan agar Anda nantinya tidak perlu mengganti ponsel ketika fasilitas jaringan 5G sudah tersedia.

Selain 5G, ponsel asal China ini juga dapat dipergunakan untuk jaringan GSM, CDMA, HSPA serta LTE. Ponsel yang memiliki Dual SIM ini memiliki berat 218 gr. Sedangkan ukuran dari IQOO Pro 5G adalah 158,8 x 75,7 x 9,3 mm untuk panjang, lebar dan tingginya.

Dengan ukuran tersebut, membuat ponsel yang akan dikeluarkan pertengahan tahun 2019 ini nyaman untuk digenggam. Apalagi body ponsel terbuat dari logam yang akan membuat ponsel pintar ini menjadi terlihat elegan.

Vivo IQOO Pro 5G memiliki layar ukuran 6.41 inchi. Layar yang cukup lebar ini memungkinkan Anda untuk lebih leluasa bermain game. Layar dari Vivo seri gaming ini menggunakan Super AMOLED capacitive touchscreen 16M colors dengan resolusi 1080 x 2340 px dan kerapatan layar ~402 ppi sehingga output gambar tidak pecah.

Sayangnya, ponsel ini belum dilengkapi dengan Corning Gorilla glass untuk perlindungan yang maksimal agar tidak mudah tergores.

Kapasitas Memori dan Kamera Tercanggih

Dikonfirmasi oleh Vivo jika seri IQOO Pro 5G memiliki penyimpanan UFS 3.0 dengan RAM LPDDR4X. Tipe IQOO Pro 5G dari Vivo ini menawarkan 2 pilihan untuk ROM dan RAM yang bisa Anda pilih. Pilihan pertama adalah RAM sebesar 12 GB dengan ROM (memori internal) sebesar 512 GB.

Baca juga:  Review Harga HP Oppo Neo 7 Beserta Spesifikasinya

Pilihan kedua adalah RAM 8 GB dengan ROM 128/256 GB. Persamaan keduanya adalah tidak adanya slot eksternal untuk menambah memori jika memori internal dirasa kurang untuk menyimpan aneka ragam file, seperti file gambar.

Ponsel yang menjadi smartphone pertama Vivo yang mendukung jaringan 5G ini, juga memiliki kamera depan dan belakang yang mumpuni dan cocok untuk Anda yang suka mengambil foto. Kamera utama atau kamera belakang terdiri dari 3 kamera yang masing-masing berukuran 48 MP, 13 MP dan 12 MP.

Kamera belakang dilengkapi dengan LED Flash, Panorama dan HDR. Dengan adanya triple cameras tersebut, ponsel ini juga mampu mengambil video dengan resolusi 2160 px@30/60 fps, 1080p@30/60 fps dan 720p@1920 fps. Sehingga hasil video yang diambil lebih smooth.

Di bagian kamera depan, Vivo IQOO Pro 5G dilengkapi dengan kamera 12 MP dengan bukaan f/2.0. Kamera sekunder ini dilengkapi dengan fitur HDR dan dapat mengambil video dengan resolusi 1080p@30 fps. Sehingga Anda tidak perlu takut ataupun khawatir ketika selfie atau video call, hasil gambarnya pecah.

Koneksi dan Sound Kualitas Tinggi

Vivo IQOO PRO 5G

Vivo IQOO Pro 5G yang menawarkan 2 pilihan warna yaitu hitam dan ungu ini masih dilengkapi dengan 3.5 mm jack. Adanya slot tersebut memungkinkan Anda untuk dapat menggunakan earphone, headphone, headset agar suara dari ponsel tidak mengganggu orang lain. Selain itu ponsel ini juga memungkinkan Anda untuk memainkan suara dengan loudspeaker.

Ponsel gaming dari Vivo ini menggunakan slot koneksi USB type-C 1.0 dan sudah dilengkapi dengan USB OTG (on-the-go). Slot USB OTG tersebut membuat Anda lebih mudah untuk mengirim atau menerima data dari dan ke device penyimpanan lain seperti flash disk. IQOO Pro 5G juga dilengkapi dengan WLAN, Bluetooth dan GPS.

Baca juga:  5 HP RAM 3GB Dibawah 2 Juta Terbaik 2018/2019

Ponsel dengan triple cameras ini belum dilengkapi dengan NFC untuk transfer data yang lebih cepat. Namun, ponsel ini support  untuk format file F2FS yang memungkinkan ponsel ini mampu loading lebih cepat misalnya untuk foto dibandingkan dengan android yang hanya menggunakan file system EXT4.

Jika Anda merupakan orang yang gemar mendengar radio, Anda harus kecewa. Hal tersebut disebabkan karena ponsel ini tidak dilengkapi dengan radio. Sehingga jika Anda ingin mendengarkan music atau berita lewat radio, Anda harus memiliki aplikasi streaming.

Fitur Pendukung Lainnya dan Kapasitas Baterai  

Vivo IQOO PRO 5G yang akan diluncurkan tanggal 22 Agustus 2019 ini dilengkapi dengan accelerometer, proximity, compass dan gyro. Sedangkan untuk keamanan yang lebih canggih, IQOO Pro 5G memiliki sensor fingerprint yang ada di bagian bawah. Untuk mengaktifkannya, maka Anda harus ‘mendaftarkan’ sidik jari Anda terlebih dahulu pada sistemnya.

Sedangkan untuk mendukung seluruh sistem ponselnya terutama saat dipergunakan untuk bermain game, IQOO Pro 5Gdari Vivo dilengkapi dengan baterai Li-Po non-removable sebesar 4500 mAH.

Untuk proses pengisian data, Anda tidak perlu khawatir akan memakan waktu yang lama, sebab ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur fast battery charging 44W atau setara dengan 8Ah 5VDC.

Harga yang Fenomenal

Jika umumnya ponsel dengan RAM 8 GB dan RAM 128 GB memiliki harga lebih dari 10 juta, maka  Vivo IQOO PRO 5G diperkirakan memiliki harga sekitar CNY 4.498 atau jika dirupiahkan hanya sekitar Rp 9 jutaan. Sayangnya, hingga kini, belum ada informasi lebih lanjut terkait apakah seri game dari Vivo tersebut akan masuk pasar Indonesia atau tidak.