Jika Sobat teknocanggih kehilangan HP, mulai saat ini tak perlu lagi panik. Ternyata melacak HP yang hilang tidaklah sulit. Ada banyak cara yang bisa Sobat coba, tapi cara paling terkenal dan pasti berhasil adalah dengan IMEI. Cara ini juga dikenal cepat. Untuk itu, pada artikel kali ini teknocanggih.com akan membahas cara melacak HP dengan IMEI. Jika ingin tahu, Sobat harus perhatikan panduan lengkap di bawah ini.

Apa Itu IMEI?

Sebelum masuk ke pembahasan cara melacak HP menggunakan IMEI, ada baiknya kita bahas sedikit tentang IMEI terlebih dahulu. Bagi Sobat yang belum tahu, IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identiy. Atau istilah gampangnya adalah identitas HP. Setiap HP pasti punya kone IMEI yang berbeda-beda. Jadi, melacak HP menggunakan kode IMEi sangat efektif dan tidak akan tertukar dengan HP lain.

Langkah-langkah Melacak HP dengan IMEI

Sekarang, kita masuk ke langkah-langkah yang perlu Sobat lakukan jika ingin mencari HP yang hilang dengan bantuan IMEI. Berikut adalah langkah selengkapnya:

1. Mengakses Google Chrome

Pertama, Sobat harus mengakses Google Chrome dengan HP lain terlebih dulu. Hal ini akan mempermudah pelacakan HP Sobat yang hilang. Pasalnya, HP Sobat sudah terhubung dengan macam-macam produk Google. Dengan begitu, Google Chrome akan sangat membantu.

2. Mengunduh Aplikasi Find My Device

Setelah itu, Sobat perlu mengunduh aplikasi Find My Device. Aplikasi ini tersedia gratis di Google Play Store. Sebenarnya, ada banyak aplikasi lain yang juga bisa digunakan tapi aplikasi ini yang paling rekomended karena hadir dengan berbagai fitur penting dan mudah digunakan. Aplikasi ini bisa mengontrol android yang hilang tanpa membuat orang yang memgang HP yang hilang tersebut curiga.

Baca juga:  Ini Dia Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Di HP

3. Mengatur Settingannya

Dengan aplikasi tersebut, hal pertama yang harus Sobat lakukan adalah mengubah pengaturan yang tersedia. Sobat dapat menemukan pelacakan posisi HP dengan kode IMEI melalui aplikasi ini. Setelah menemukan lokasi pengaturan dengan IMEI, Sobat harus masukkan kode IMEI dari HP yang hilang. Pastikan kode IMEI yang Sobat masukkan benar dan bukan kode IMEI HP lain. Hal ini akan mempermudah dan mempercepat pelacakan.

4. Menderingkan HP dengan IMEI

Langkah selanjutnya cara melacak HP dengan IMEI adalah menderingkan HP dengan IMEI. Ada fitur dering yang dihadirkan oleh aplikasi Find My Device ini. Fitur tersebut bisa diakses meski smartphone yang hilang dalam keadaan tidak aktif atau mati. Saat HP bordering, lokasi HP tersebut akan terlacak. Jadi, Sobat bisa lebih mudah menemukan HP yang hilang tadi.

5. Mencari Lokasi HP

Jika lokasi keberadaan HP yang hilang sudah terlacak, Sobat bisa segera mulai mencarinya. Sobat harus selalu memantau posisi HP tersebut supaya tak kehilangan jejak.

Tips Menggunakan Smartphone

Meski sudah tahu cara melacak HP dengan kode IMEI, namun Sobat juga perlu tahu hal-hal penting dalam penggunaan HP. Berikut hal-hal yang perlu Sobat perhatikan:

1. Mencatat Kode IMEI HP

Seperti yang sudah disinggung di atas, setiap HP smartphone pasti memiliki kode IMEI masing-masing. Untuk itu, setiap kali Sobat membeli HP, pastikan Sobat mencatat kode IMEInya. Hal ini akan sangat bermanfaat saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti hilangnya HP.

Baca juga:  Cara Mudah Menggabungkan Dua Foto di Android
2. Gunakan GPS Sesuai Kebutuhan

Google Maps atau GPS memang sangat penting karena bisa digunakan untuk menemukan lokasi. Namun, menyalakan GPS terus-menerus bisa berdampak buruk seperti terlacaknya lokasi Sobat yang bisa menyebabkan pencurian atau perampokan. Jadi, sebaiknya aktifkan GPS seperlunya saja dan matikan bila sudah tidak digunakan.

3. Memastikan Baterai Tidak Lowbat

Saat keluar rumah membawa HP, pastikan HP Sobat dalam keadaan tidak lowbat. Jika memang terpaksa pergi dalam keadaan HP lowbat, maka Sobat bisa beralternaitif membasa powerbank. Hal ini diperlukan karena HP adalah alat komunikasi utama saat ini.

Cara Cek Kode IMEI HP

Setelah membahas lengkap tentang pelacakan HP dengan IMEI, kini kita bahas sedikit cara mengecek kode IMEI. Pasalnya, banyak diantara Sobat yang belum tahu:

1. Cek IMEI dari Menu Settings

Untuk mengecek kode IMEI dari menu Settings HP, pertama Sobat harus membuka menu Settings di HP Sobat masing-masing. setelah itu, pilih About Phone. Kemudian, pilih Status. Lalu kode IMEI akan terlihat.

2. Cek IMEI lewat Dial

Mengecek IMEI juga bisa melalui dial ke *#06#. Setelah itu, Sobat tinggal tekan Call/OK/Panggil. Sesaat kemudian, kode IMEI dari HP tersebut akan terlihat di layar.

Mudah-mudahan cara melacak HP dengan IMEI ini bermanfaat untuk Sobat semua. Jadi, pastikan Sobat mencatat kode IMEI smartphone masing-masing agar jika sewaktu-waktu dibutuhkan bisa bermanfaat seperti untuk melacak HP saat hilang.

Baca juga:  Cara Agar Laptop Tidak Lemot dan Kembali Bisa Produktif Meski Sudah Berumur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here